Info Biaya Desain Rumah Minimalis di Marketplace Arsitek Arsitag.com

Shoytz Pedia - Saat menyinggung tentang rumah minimalis, maka pikiran akan langsung tertuju pada gambaran rumah yang sederhana tapi tetap mempunyai nilai keindahan dan tata ruang yang ada tetap lapang. Latar belakang munculnya desain rumah minimalis ini sebenarnya berangkat dari nilai efisiensi penggunaan bahan bangunan dan juga lahan bangunan yang ada. Dengan desain rumah minimalis 2017 maka biaya pembangunan bisa ditekan dan pastinya tidak menghabiskan banyak lahan.

Pada rumah minimalis, penggunaan material, lahan bahkan hingga aksesoris beserta perabotan rumah bisa di tekan dengan memperhatikan perhitungan yang jelas dan detail. Apabila mendesain sendiri namun Anda tidak mempunyai keahlian di bidang tersebut bisa jadi nantinya justru menjadi boomerang karena potensi ‘gagal mendesain’ lebih besar. Lain halnya jika Anda memanfaatkan jasa arsitek dimana perencanaan konsep dan desain dipastikan sudah matang sebelum proses pembangunan dimulai.


Saat ini sudah tersedia Arsitag.com yang merupakan marketplace jasa arsitek. Situs tersebut menyediakan layanan jasa dimana begitu memudahkan Anda yang tengah kesulitan menemukan arsitek terbaik. Desain rumah minimalis 2017 yang Anda dambakan akan mudah terealisasi dengan bantuan arsitek profesional yang diwadahi oleh Arsitag.com.

Walaupun demikian, Anda tetap harus membekali diri terkait wawasan tentang biaya desain rumah minimalis. Hal ini sehubungan dengan biaya desain yang ternyata tidak gratis alias berbayar. Normal dan wajar, sebab arsitek yang diwadahi oleh Arsitag.com ini akan melakukan proses desain yang tidak mudah, dibutuhkan waktu dan pikiran ekstra untuk dapat menghasilkan desain yang keren. Pasti Anda juga tidak ingin nantinya rumah impian Anda mengusung desain yang begitu – begitu saja kan?

Menghitung Biaya Desain Jasa Arsitek
Di Indonesia sendiri ada dua jenis cara yang dijadikan patokan dalam menghitung biaya desain. Cara pertama yang sekaligus menjadi cara yang paling sering digunakan adalah dengan menghitung per meter persegi. Sedangkan cara kedua adalah dengan menghitung berdasarkan presentase RAB atau Rencana Anggaran Biaya total bangunan.

Biaya desain untuk jasa arsitek per meter perseginya berada pada kisaran 100 ribu sampai 1 juta rupiah per meternya. Harga ini tergantung dari pengalaman atau ketrampilan dari tiap – tiap arsitek. Semakin tinggi jam terbangnya, maka semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan.

Pembayaran harga atau biaya desain per meter persegi memang lebih sering digunakan. Dikarenakan harga yang ditawarkan tiap arsitek tidak sama, maka pastikan pula Anda tetap selektif dalam memilih jasa arsitek. Jangan fokus pada biaya murah namun fasilitas yang Anda terima tidak lengkap, atau bisa jadi arsitek tersebut memasang biaya murah karena tidak dikerjakan secara profesional.

Tapi ketika Anda mengandalkan layanan jasa Arsitag.com, maka arsitek – arsitek yang akan ditawarkan pada Anda adalah arsitek – arsitek terpilih dan sudah memenuhi kualifikasi profesional sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan Arsitag.com. Lalu seperti apa gambaran penghitungan biaya desain rumah minimalis 2 lantai atau model rumah minimalis lainnya di Arsitag.com? Simaklah uraian berikut ini.

Biaya Bangunan Sampai
Kategori Bangunan


Khusus
Sosial
1
2
3
Kurang Rp
200 Juta
Mengikuti
Ketentuan
Dari
pemerintah
Yang
Berlaku
< 2,50%
6,50%
7,00%
8,00%
Rp
200 Juta
2,50%
6,50%
7,00%
8,00%
Rp
2 Milyar
2,50%
5,51%
5,90%
6,48%
Rp
4 Milyar

4,78%
5,13%
5,60%
Rp
20 Milyar

4,20%
4,52%
4,92%
dst





 
Tabel di atas adalah tabel honorarium arsitek yang diambil dari Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta.

Perlu diperhatikan bahwa presentase yang terdapat pada tabel di atas adalah biaya desain arsitek dilihat dari segi biaya bangunan. Bisa jadi presentase biaya desain jasa arsitek juga berbeda satu sama lain mengingat biaya bangunan yang disediakan juga berbeda. Tabel tersebut merupakan standar minimal biaya desain jasa arsitek. Biaya – biaya yang telah dihitung tidak serta merta dibayar pada satu kesempatan sekaligus melainkan di bagi dalam beberapa kategori atau tahap – tahap pengerjaan proyek bangunan.

Contoh kasus perhitungan biaya desain berdasarkan tabel honorarium;

Apabila biaya bangunan yang sedang dikerjakan adalah 2 milyar dengan kategori bangunan 1, maka biaya desain untuk arsitek adalah 2,5 % dari 2 milyar, yakni 50 juta rupiah.

Dengan mengetahui cara perhitungan biaya desain untuk jasa arsitek ini setidaknya Anda bisa menyiapkan berapa besar budget yang Anda butuhkan dalam pengerjaan rumah minimalis lantai 2 idaman Anda dan keluarga.

Semoga informasi di atas bermanfaat


EmoticonEmoticon