Tips Bagi Anda Saat Memutuskan Memilih Jenis Ras Kucing Sebagai Peliharaan

Shoytz Pedia - Hobi memelihara binatang memang salah satu hobi yang menyenangkan, bahkan menyehatkan. Sebab pemiliknya pasti merasa terhibur jika setiap saat bisa menghabiskan waktu bersama binatang kesayangan. Demikian pula bagi Anda yang sengaja memelihara kucing, entah untuk dijadikan hobi atau bahkan bertujuan menyelamatkan hidup kucing. Kesemuanya baik dan sangat boleh dilakukan. Memilih jenis ras kucing apapun untuk dipelihara juga menjadi kebebasan bagi Anda. 


Memutuskan untuk memiliki binatang peliharaan, baik itu kucing atau binatang lainnya tetap mengharuskan Anda untuk bertanggungjawab penuh terhadapnya. Memperhatikan makanannya, kebersihannya dan kesehatannya menjadi tugas Anda. Sama halnya ketika Anda memilih jenis ras kucing untuk dipelihara, mengetahui tips berikut ini adalah keharusan.

Biaya Perawatan Kucing
Dalam memelihara binatang apapun, Anda tentu harus mengeluarkan biaya. Serupa ketika Anda memelihara kucing ras ini. Anda harus bisa membuat gambaran tentang berapa jumlah biaya yang setelah ini akan menjadi anggaran wajib tiap bulannya. Apalagi memilih jenis ras kucing untuk dijadikan peliharaan memang menuntut Anda untuk ekslusif memperhatikan makan, minum, serta perawatan lainnya. 

Anda memang tidak perlu khawatir tentang hal ini. Namun saat Anda mempunyai anggaran yang jelas untuk kucing – kucing Anda. Anda bisa menyediakan budget khusus untuk si kucing. Jangan sampai Anda sekedar ingin memelihara kucing tapi tidak memperhatikan kesejahteraan kucing ya.
Berikan Nama Pada Kucing
Memberikan nama pada kucing kesayangan menjadi keharusan bagi Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih mudah dalam memanggil kucing. Begitupun dengan kucing Anda, si kucing akan terbiasa dengan panggilan yang Anda berikan. Dengan begitu kucing akan paham saat Anda memanggilanya. Lebih dari itu nama juga penting karena akan memudahkan Anda ketika berencana menitipkan kucing di petshop saat bepergian. 

Makanan dan Minuman Kucing
Kucing baru bisa diberikan makanan saat kucing sudah berusia 2 bulan atau setidaknya setelah berhenti menyusu pada induknya. Oleh karena itu usahakan untuk memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing. 

Saat kucing berusia satu tahun, Anda baru bisa memberikan makanan kucing dewasa. Berikan pasta saat kucing sakit atau ketika nafsu makan kucing menurun. Untuk air minumnya, berikan air matang ya. Kucing jenis ras tidak boleh sampai terlambat minum. Jadi sediakan minuman di kandang kucing selama 24 jam penuh.

Berikan Kasih Sayang pada Kucing
Jenis ras kucing apapun tetap membutuhkan kasih sayang dari Anda. Jadi memelihara binatang tidak cukup sekedar memberikan makan atau minuman saja. Kucing juga harus dijaga mood-nya. Apalagi kucing ras yang notabene lebih suka bermanja – manja. Maka dengan menyisir dan membelai bulunya saja sudah membuat si kucing merasa disayang dan diperhatikan. 

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk meluangkan waktu khusus demi bermanja – manja dengan kucing. Dengan begitu akan tercipta kedekatan dan kehangatan antara Anda dan si kucing yang lucu dan menggemaskan tersebut.

Perawatan Bulu Kucing
Merawat kucing ras tidak sama dengan dengan perawatan kucing biasa. Perbedaannya hanya terletak pada perawatan bulunya. Perlu diketahui bahwa bulu kucing ras ada yang rontok setiap harinya. Nah agar pelepasan bulu tersebut bisa lebih mudah, disarankan bagi Anda untuk menyisir bulu kucing setidaknya satu kali dalam sehari. Manfaatkan sisir khusus untuk kucing ya. 

Sediakan Kotak Pasir
Di dalam kandang kucing, jangan lupa untuk menyediakan kotak pasir. Gunanya adalah untuk dijadikan ‘toilet’ si kucing. Sediakan juga sekop khusus untuk membuang kotoran kucing. Ada dua jenis pasir yang bisa Anda manfaatkan. Pertama adalah pasir yang bisa dicuci. Pasir ini berbahan dasar batu dan harganya terjangkau. Kedua adalah pasir yang tidak bisa dicuci. Berbeda dari jenis pasir sebelumnya, pasir ini mempunyai aroma bunga dan buah. Dan yang pasti harganya jauh lebih mahal.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika Anda memutuskan memilih jenis ras kucing sebagai peliharaan. Kesemuanya akan menjadi aktivitas yang menyenangkan karena payah dan lelah Anda akan terbayar dengan melihat betapa lucunya tingkah kucing tersebut. Tak hanya lucu, tapi kucing juga sangat imut dan menggemaskan bukan?


EmoticonEmoticon