4 Makanan Yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Shoytz Pedia - Penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana sendi mengalami peradangan akibat tertusuk-tusuk kristal tajam asam urat yang menumpuk pada sendi. Dimana sendi yang paling sering menglamai peradangan akibat asam ujrat adalah sendi jempol kaki serta jari tangan. Peradangan ditandai dengan timbulnya rasa sakit yang tidak tertahan dengan rasa perih, kaku dan bengkak dibagian sendi yang meradang. Bahkan tak jarang juga akibat perdangan tersebut seseorang yang terkena asam urat akibat nya tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Penyebab utama dari timbulnya penyakit asam urat adalah penumpukan zat yang disebut dengan asam urat dalam darah. Ada pantangan makanan asam urat yang perlu diperhatikan serius bagi para penderita, agar asam urat tersebut tidak kambuh lagi.


Maka dari itu, penting bagi kita agar selalu menjaga dan mengontrol kadar asam urat dalam darah utamanya bagi Anda penderita asam urat agar penyakit yang Anda derita tidak semakin parah serta pengaobatan jalan bisa berhasil dengan lancar. Salah satu cara upaya yang bisa kita lakukan agar nilai asam urat dalam darah kita tetap stabil dan normal, adalah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti menjaga pola makanan dan berolahraga secara teratur.  Salah satu yang paling tepat adalah menghindari beberapa makanan bagi para penderita asam urat, seperti makanan:

  1. Seafood (makanan laut)
    Makanan laut atau seafood seperti ikan sarden, makareal, teri, tuna dan karang. Makanan tersebut mengandung purin tinggi, sehingga pantang bagi para penderita asam urat. 
  2. Daging
    Penderita asam urat dan kolesterol disarankan agar membatasi asupan daging. Berbagai jenis daging terutama daging merah yang memiliki jumlha purin dan kolesterol tinggi.
  3. Alkohol
    Penderita asam urat dan kolesterol tidak bersahabat dengan alkohol. Terlalu banyak mengkonsumsi alkholol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat hingga dapat meyebabkan asam urat berulang-ulang
  4. Jeroan
    Pantangan makanan asam urat jangan memakan jeroan, bahkan  orang yang memiliki kolesterol tinggi pun disarankan untuk menghindari makanan jeroan ini.

Setelah mengetahui pantangan makanan untuk dikonsumsi orang yang terkena asam urat, anda juga bisa mengetahui cara mengobati batu ginjal dengan cepat.


EmoticonEmoticon