Mesin Kasir dan Tips dalam Memilihnya yang Sesuai dengan Penggunaan

Shoytz Pedia - Untuk siapa saja yang ingin menjalankan sebuah bisnis yang memerlukan pembayaran secara langsung maupun menggunakan uang, sudah pasti memerlukan mesin kasir. Entah perusahaan besar seperti toko retail, restoran hingga kios penjualan. Usaha yang berbasis storefront juga memerlukan pembayaran untuk kelangsungan usaha serta membuat bisnis yang dijalani menjadi semakin sukses. Sekarang ini melakukan pemilihan mesin ini dapat menjadi hal yang membingunkan untuk pemilik usaha, karena mesin yang berada di pasaran begitu beragam. 


Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pemilihan. Pertama, cara membuka mesin. Memang, memperhatikan cara membuka mesin terlihat remeh dan seperti diabaikan. Oleh sebab itu, lebih baik Anda memperhatikan cara membuka mesin. Material dari mesin juga dibuat dengan sekuat mungkin sehingga uang akan tetap aman di dalam mesin. Saat kasir sudah selesai melakukan transaksi, mesin bisa terbuka dari tempat yang sebelumnya dikunci. Hal tersebut karena adanya gulungan elektromagnetik yang sering disebut dengan solenoid. Solenoid akan melepas kunci di kotak yang mengisi uang saat di tutup. Solenoid bisa mengunci mesin kembali. beberapa mesin masih mempergunakan teknologi manual, ada juga yang menggunakan pengunci silinder agar bisa memastikan uang yang berada di mesin aman.

Kedua, bentuk dari mesin. Saat memilih mesin kasir, pemilik usaha harus dengan baik mempertimbangkan kekuatan konstruksi dari mesin. Bila bisnis yang Anda miliki mempunyai omzet yang tinggi. Bila Anda ingin keamanan di dalam mesin terjaga, Anda dapat memilih konstruksi yang lebih berat dan tebal. Untuk toko seperti toko retail, grosir dan restoran, disarankan memilih mesin yang mempunyai ketebalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin biasa, karena mesin pada bidang usaha ini biasanya rentan di curi atau pun di rusak, selain itu toko tersebut biasanya rentan dirampok. Dengan menggunakan konstruksi yang lebih tebal dan erat, pencuri akan kesulitan mengeluarkan uang.

Ketiga, interface yang berada di mesin. Bila membeli mesin ini, pertimbangan untuk memilihnya adalah interface yang berada di mesin. Para pemilik lebih baik memilih mesin yang mempunyai interface sehingga bisa membantu kegiatan bisnis yang mereka miliki, dengan menggunakan pedoman tersebut, terdapat 3 pilihan interface yang bisa dipertimbangkan, yakni:

  • Printer pada mesin. Mungkin sekarang ini membeli mesin yang memiliki printer sudah mudah ditemukan di pasaran, bahkan printer yang berada di mesin ini sangat dianjurkan untuk kegiatan apa saja, karena dengan mempergunakan printer, pengguna akan dapat mencetak bukti transaksi yang telah terjadi,
  • Koneksi serial. Penggunaan koneksi real dipergunakan untuk menyambungkan mesin di komputer POS seperti ATM dan kartu kredit,
  • Pengambilan uang dengan menggunakan cara manual, interface ini lebih berbanding terbalik dengan koneksi serial.

Keempat, slot media. Jika Anda ingin melakukan pembelian mesin, salah satu hal yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan ialah jumlah slot di mesin. Mesin biasanya mempunyai 1 sampai 3 media slot agar pengguna dapat menempatkan dokumen seperti cek, cetak credit card dan yang lainnya. dengan adanya slot media, sudah pasti menambah tingkat kenyamanan dan keamanan saat mengoperasikan mesin.

Terakhir, tampilan serta desain dari mesin kasir. Mungkin tampilan bukan menjadi hal utama saat membeli mesin, namun desain dan penampilan mesin dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan mesin yang akan Anda gunakan. Tiap mesin pasti mempunyai model, ukuran serta warna sendiri. Semua spesifikasi di atas harus dipertimbangkan dengan baik agar bisa memastikan tampilan mesin pas dengan interior ruang. Dapatkan mesin kasir murah dan berkualitas untuk keperluan bisnis anda di situs belanja online terpercaya.


EmoticonEmoticon