Perbedaan Termometer Alkohol dan Termometer Raksa


Shoytz Pedia - Termometer merupakan salah satu jenis alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur suatu benda atau suatu zat. Biasanya suhu memiliki skala yang berbeda – beda setiap negara. Tetapi secara internasional yag telah diakui untuk satuan suhu adalah kelvin. Sedangkan di indonesia sendiri menggunakan celcius sebagai skala suhu. 0 derajat celcius setara dengan 273 kelvin. Sehingga perbedaan anatara derajat celcius dengan kelvin sebesar 273. Termometer digunakan untuk mengukur suhu dengan memiliki pipa kapiler yang sempit, kemudian terhubung ke bola dengan cairan yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Gejala yang terlihat ketika suhu bertambah, cairan yang terdapat pada pipa kapiler akan mengenbang dan naik ke atas pipa kapiler. Sebaliknya, jika suhu menurun, cairan akan turun di pipa kapiler. Pada pipa kapiler tersebut terdapat deretan angka yang dapat kita baca. Hal itu menujukkan suhu yang relevan sesuai dengan ketinggian pipa kapiler.

Seluruh alat ukur yang dibuat termasuk termometer harus di standarisasi agar terjamin pengukurannya. Walaupun demikian, karena pembacaannya secara kualitatif maka akan rentan sekali terjadi kesalahan dalam membaca suhu. Anda harus menghindari bola lampu terekspos pada suhu yang tinggi yang tidak perlu saat membaca suhu. Karena hal itu memoengaruhi proses pembacaan. 

Ada dua jenis termometer zat cair yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu termometer alkohol dan termometer raksa. Termometer alkohol merupakan termometer yang menggunakan alkohol sebagai cairan yang mengukur suhunya. Jenis alkohol yang biasa digunakan adalah etanol. Rentang suhu pada termometer ini dari -115 – 80 derajat celcius. Alkohol ini bersifat mudah menguap sehingga sering terpisah dengan cairannya. Sedangkan termometer raksa merupakan termometer yang menggunakan air raksa sebagai acuan untuk mengukur suhu. Raksa ini berwarna silver dan beracun. Oleh karena itu anda harus hati – hati saat termometer raksa rusak. Termometer ini bisa mengukur suhu -38 – 357 derajat celcius. Oleh karena itu termometer raksa lebih baik mengukur suhu yang lebih tinggi daripada zat yang di ukur oleh termometer alkohol.


EmoticonEmoticon